29 April 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ini Kemeriahan Festival Mahakam Samarinda Tahun 2016


Ini Kemeriahan Festival Mahakam Samarinda Tahun 2016
Panggung Hudoq di Festival Mahakam 2015 (Foto: Dokumentasi)

KLIKPENAJAM.COM - Sebagai even akbar tahunan di kota Samarinda, Festival Mahakam selalu mengusung nilai seni budaya lokal Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satu yang ditunggu-tunggu warga kota Samarinda adalah gelaran “Upacara Adat” dari salah satu suku yang ada di kota Samarinda.

“Dua tahun terakhir ini, memang kami selalu menggelar kegiatan upacara adat dari salah satu suku yang ada di kota Samarinda. Tahun lalu, kami gelar Hudoq Kawit dari suku Dayak dan insyaallah pada tahun ini kami akan melaksanakan upacara adat dari suku Kutai.” kata Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kominfo kota Samarinda, Muhammad Faisal.

Hal ini sebagai salah satu usaha Pemkot Samarinda untuk melestarikan adat istiadat dan budaya leluhur yang harus dijaga. Tak kalah pentingnya adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan adat dan budaya kita kepada masyarakat terutama generasi muda di kota Samarinda.

“Kami bekerja sama dengan Lembaga Budaya Adat Kutai (LBAK) Propinsi Kalimantan Timur dan LBAK kota Samarinda yang nantinya akan menampilkan salah satu Upacara Adat Kutai pada Minggu, 13 November 2016 mulai pukul 11.00 WITA siang di halaman kantor Gubernur jalan Gajah Mada Samarinda,” lanjut Faisal.

Namun, sebelumnya mereka juga akan mengikuti Parade Budaya Nusantara, kirab bersama-sama dengan kegiatan Pawai Ta’aruf MTQ Nasional Korpri dengan start pada pukul 08,00 WITA di Taman Samarendah menuju panggung kehormatan di depan dermaga kantor Gubernur.

“Jadi bisa disaksikan persembahan khusus dari warga Kutai di kota Samarinda dalam Festival Mahakam 2016 ini. Kami akan hadirkan sekitar 300-an warga Kutai dengan berbusana adat untuk tampil di Parade Budaya dan menggelar sebuah upacara adat sebagai sumbangsih kami untuk pelestarian serta perkenalan adat budaya Kutai.” kata H. Jhony Bakhtiar, ketua LBAK kota Samarinda pada rapat persiapan Festival Mahakam di kapal sambil mengitari Sungai Mahakam.

Pun, LBAK kota Samarinda menghimbau kepada warga Kutai yang berada di kota Samarinda untuk bersama-sama hadir di acara puncak kemeriahan Festival Mahakam. Menurut Jhony, secara bersama-sama berkebudayaan dan mengenalkan adat budaya Kutai kepada warga kota Samarinda lainnya serta untuk pengetahuan generasi muda.

Informasi lebih lanjut perihal acara ini dapat menghubungi sekretariatan panitia pelaksana di kantor disparkominfo Jalan Dahlia Nomor 69 Samarinda. (*)

Reporter : Man    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0