21 Agustus 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Program Talk Show Ibunda Raffi Ahmad Ditegur KPI


Program Talk Show Ibunda Raffi Ahmad Ditegur KPI
Ibunda Raffi Ahmad, Amy Qanita

KLIKPENAJAM.COM - Program Talkshow Ibunda Raffi Ahmad, Amy Qanita yang diberi nama 'Rumah Mama Amy' mendapat teguran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Seperti dilansir dari Dream.co.id dan website resmi, kpi.go.id, teguran tertulis untuk acara tersebut dikeluarkan pada 26 Agustus 2016.

" Berdasarkan pemantauan dan hasil analisis, KPI Pusat telah menemukan pelanggaran pada Program Siaran “ Rumah Mama Amy” yang ditayangkan oleh stasiun MNC TV pada tanggal 10 Agustus 2016 pukul 14.48 WIB. Program tersebut menampilkan seorang anak perempuan (Misca Fortuna) yang menangis saat ditanyai oleh pembawa acara mengenai musibah yang menimpanya," tulis KPI dalam lamannya.

Percakapan yang dinilai KPI telah melanggar terdapat pada kalimat berikut:

“ tapi kemaren katanya Misca lagi dapet musibah ya?”, “ iya”,
“ kenapa sih kalo boleh tau? cerita sayang, musibah apa, coba cerita sama aku…”,
“ Ayah aku nyuri uang aku, uang hasil kerja aku”,
“ Uang kamu diambil? kok bisa sih”,
“ gak tau, nyuri atm aku”,
“ Papa kamu dimana sekarang?”,
“ Udah pergi”,
“ tapi mama kamu masih ada kan? terus gimana uangnya, diambil, semuanya?...," tulis KPI.

KPI Pusat menilai muatan mewawancarai seorang anak mengenai hal-hal di luar kapasitas mereka untuk menjawab (seperti perceraian, konflik keluarga, dan lainnya) seperti itu tidak dapat ditayangkan.

" Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan anak-anak dan remaja serta ketentuan mengenai anak-anak sebagai narasumber," tulis KPI lagi.

KPI Pusat pun memutuskan program tersebut melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14 Ayat (2) dan Pasal 29 huruf a serta Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 15 Ayat (1). Dan, KPI Pusat menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis.

" Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar sanksi administratif teguran tertulis ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih," tulis KPI. (Dream)

Reporter : Fanny Arya    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0