23 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kata Mahyudin Soal Korupsi di Indonesia


Kata Mahyudin Soal Korupsi di Indonesia
Wakil Ketua MPR Mahyudin

KLIKPENAJAM.COM - Wakil Ketua MPR, Mahyudin mengatakan Indonesia saat ini sudah darurat korupsi. Hal ini lantaran makin banyak penyelenggara negara yang tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi karena transaksi suap.

"Indonesia mengalami darurat korupsi. Kita tahu di Indonesia penjajah awalnya VOC bangkrut karena korupsi. Indonesia tidak tertutup kemungkinan kalau tidak selesai korupsi bisa bangkrut," ujar Mahyudin di Samarinda, saat melakukan sosialisasi empat Pilar MPR RI, Kamis, 24/8/2017.

Mahyudin mengatakan sekarang korupsi telah menjangkit mulai petinggi negara sampai pejabat desa. Ia mencontohkan peristiwa yang belum lama terjadi yakni korupsi kepala desa karena penyalahgunaan dana desa.

Karena Indonesia darurat korupsi, perang melawan korupsi harus dilakukan bersama. "Memeranginya dengan beri kesadaran aparat penyelenggara negara rasa tanggung jawab kepada tanah air dan cinta tanah air," ujar Mahyudin.

Ia pun menekankan pentingnya menggalakkan budaya malu kepada para pejabat yang melakukan korupsi. Sebab, menurut dia, maraknya korupsi karena sudah tidak adanya budaya malu bagi pihak yang mencuri yang rakyat.

Cara lain untuk memerangi korupsi yakni melalui perbaikan sistem pengawasan di titik-titik rawan korupsi. "Presiden harus berikan lebih ketat sistem pengawasan terkontrol uang negara termasuk dana desa," ujarnya.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan Kaltim, menemukan delapan temuan atas laporan APBD 2016 Balikpapan. Temuan BPK itu menjadi catatan hitam kepemimpinan Walikota Rizal Effendi.(*)

Reporter : Deden Raharjo    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0