23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Calon Perseorangan Pilkada PPU Wajib Kantongi Minimal 11.829 Dukungan


Calon Perseorangan Pilkada PPU Wajib Kantongi Minimal 11.829 Dukungan
Ketua KPU Penajam Paser Utara Feri Mei Efendi

KLIKPENAJAM.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU), mengatakan bagi pasangan calon perseorangan yang maju pada perhelatan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PPU, diharuskan memiliki 11.829 dukungan minimal, dari 50 persen lebih jumlah kecamatan.

Dukungan tersebut pun harus disampaikan melalui bukti lembaran salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk), serta surat keterangan dari dinas terkait, terhitung pada 22 November 2017.

Hal ini kata Ketua KPU PPU Feri Mei Effendi, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

"Dari peraturan tersebut, calon perseorangan di daerah dengan penduduk kurang dari 250.000 jiwa, harus memiliki syarat dukungan minimal 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu terakhir," ujar Feri

Hal inilah kemudian yang menjadi rujukan, melihat Kabupaten PPU memilii penduduk dibawah 250.000 jiwa. Dan dukungan minimal calon perseorangan akan ditetapkan KPU melalui rapat pleno bersama Panitia Pengawas Pemilihan Umum.

"KPU menjadwalkan verifikasi faktual melalui metode sensus ke tiap pendukung pasangan calon perseorangan mulai November-Desember 2017 mendatang," tambah Feri.

Verifikasi faktual dilakukan KPU dengan mendatangi langsung tiap pendukung pasangan calon, sehingga diketahui yang bersangkutan benar mendukung atau tidak.

"Jika ditemui ada yang membantah pemberian dukungan kepada pasangan calon perseorangan, KPU akan langsung mengugurkannya disertai dibubuhi tantangan warga yang bersangkutan," terangnya. (*)

Reporter : Edwin Irawan     Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0