23 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Duh, Rastra di Sebakung Jaya Tak Layak Konsumsi


Duh, Rastra di Sebakung Jaya Tak Layak Konsumsi

KLIKPENAJAM.COM - Beras sejahtera (Rastra) bagi keluarga penerima manfaat di Desa Sebakung Jaya Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diketahui tak layak konsumsi.

Diakui Kepala Desa Sebakung Jaya Muharis, beras yang diterima warganya berwarna kuning, dan berbau apek.

"Kami menduga beras bagi rumah tangga tidak mampu itu dioplos dengan beras yang sudah lama tersimpan di gudang Bulog, sehingga tidak layak konsumsi," ujar Muharis melansir Antara.

Menurutnya, hal ini harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten PPU, untuk mengevaluasi beras rastra yang disalurkan bagi keluarga tidak mampu tersebut. Mengingat ada sekira 550 Keluarga Penerima Manfaat rastra setiap bulannya di Sebakung Jaya.

Hal ini pun dinilainya bertentangan dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2015, tentang Kebijakan Pengadaan Gabah atau Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sub Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten PPU, Sarnah, mengatakan hal ini menjadi perhatian pihaknya. Dan dalam waktu dekat Dinsos PPU akan turun langsung ke lapangan, guna mengecek kebenaran tersebut.

Sebab, penyaluran rastra merupakan domain Badan Urusan Logistik (Bulog) yang sebelumnya telah mengklasifikasi penyaluran rastra yang layak konsumsi.

"Kami akan awasi langsung beras rastra ini guna memastikan kualitas beras yang sampai di masyarakat benar-benar layak," kata dia.

Ditambahkan Sarnah, jika memang ditemukan beras rastra yang tidak layak konsumsi, pihaknya pun akan meminta Bulog untuk segera mengganti beras tersebut dengan kualitas yang lebih baik.

"Makanya akan kita cek dulu ke lapangan," ucapnya.(*)

Reporter : Edwin Irawan | Antara    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0