17 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kuota Terbatas, Ratusan Guru di Penajam Belum Sertifikasi


Kuota Terbatas, Ratusan Guru di Penajam Belum Sertifikasi
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Marjani (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Marjani, menyebut dari 1.500 tenaga pendidik atau guru yang mengajar di tingkat SD/MI dan SMP/MTs, sekitar 300 diantaranya hingga kini belum mengikuti sertifikasi.

“Guru yang sudah mendapatkan sertifikasi pendidikan dengan profesi guru sekitar 1.100 orang, untuk 100 orang lagi sedang mengikuti tahap program sertifikasi,” kata Marjani.

Menurutnya, ratusan guru tersebut terdiri dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga menengah pertama. Hal itu disebabkan salah satunya, kuota sertifikasi guru SD/MI dan SMP/MTs yang cukup terbatas setiap tahunnya. Sehingga masih banyak guru yang belum mendapat kesempatan.

"Karena kuota dari pemerintah pusat terbatas itulah, kenapa masih ada 300 orang guru sampai saat ini belum sertifikasi," tambahnya.

Dijelaskannya, sertifikasi guru merupakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan, serta peningkatan kesejahteraan guru. Selain itu, sertifikasi merupakan proses sertifikat pendidikan kepada guru, yang telah memenuhi standar profesional dan bermanfaat untuk melindungi masyarakat, dari praktik pendidikan yang tidak berkualitas dan tidak profesional.

"Saya berharap 2019 mendatang semua tenaga pendidik di Kabupaten PPU sudah mengantongi sertifikat profesi, sesuai program pemerintah pusat,” pungkasnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0