23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

APK Rusak atau Hilang Tanggungjawab Paslon, Penggantian Wajib Lapor ke KPU


APK Rusak atau Hilang Tanggungjawab Paslon, Penggantian Wajib Lapor ke KPU
Ketua KPU Penajam Paser Utara Feri Mei Effendi (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) menegaskan alat peraga kampanye (APK) yang rusak ataupun hilang, merupakan tanggungjawab tiap tim pasangan calon (Paslon). Menyusul serah terima KPU dengan tiap tim paslon Bupati dan Wakil Bupati PPU.

"Setelah kita serah terimakan dengan tim masing-masing Paslon, APK menjadi tanggungjawab dari tim bersangkutan. Dan kami tidak lagi melakukan penggantian jika da yang hilang atau rusak," ujar Ketua KPU Feri Mei Effendi.

Namun begitu ia mempersilakan tiap tim paslon untuk melakukan penggantian, jika ada APK yang rusak ataupun hilang. Namun tetap menyesuaikan desain dan kesepakatan bersama, dengan melaporterlebih dulu kepada KPU.

“Wajib diperhatikan,untuk bentuk dan ukuran harus tetap sama dengan yang ditentukan KPU," tambahnya.

Lebih lanjut, Feri mengatakan KPU mendapat laporan ada beberapa APK yang rusak, meski untuk kepastian jumlah dan lokasi APK dimaksud masih dalam peninjauan.

"Makanya kami ingatkan tiap paslon agar menjaga APK, sesuai aturan KPU No 4 tahun 2017 terkait dengan perawatan, pemeliharaan dan pembersihan APK menjadi tanggungjawab paslon bersangkutan,” terangnya.

Secara total, APK berupa baliho terpasang di lima titik. Diantaranya dua titik di Penajam, satu di Sepaku, Babulu, dan Waru.

"Khusus umbul-umbul KPU tidak mencetak, kami hanya mencetak spanduk dan sudah disebar di tiap Kelurahan/Desa, sebanyak dua titik dengan dua set, jadi satu titik itu satu set,” pungkasnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0