23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Serahkan Bantuan Alsintan, Bupati Yusran Ajak Petani Terapkan Sistem Jajar Legowo


Serahkan Bantuan Alsintan, Bupati Yusran Ajak Petani Terapkan Sistem Jajar Legowo
Bupati Yusran Aspar saat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada petani (Foto: Humas)

KLIKPENAJAM.COM - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar, anjurkan petani melakukan tanam padi menggunakan sistem tanam jajar legowo, agar lebih berdampak pada peningkatan hasil pertanian.

"Petani harus mulai gunakan pola tanam jajar legowo, jangan lagi menanam padi dengan sistem tabela (tabur benih langsung)," ujar Yusran Aspar saat penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) di Penajam. Selasa, 8 Mei 2018.

Jajar legowo merupakan cara tanam padi dengan mengatur jarak antar benih pada saat penanaman. Sedangkan sistem tabela menurut Bupati, meski lebih cepat namun hasil panen lebih sedikit dari sistem tanam jajar legowo. Sehingga menggunakan pola tanam yang lebih baik dan hasil panen lebih banyak hendaknya bisa dioptimalkan masyarakat.

"Tabela hanya menghasilkan 3 ton per hektare, sedangkan tanam jajar legowo dengan mesin penanam padi bisa 8 ton per hektare. Kalau ada yang lebih bagus kenapa tidak digunakan," lanjut Yusran Aspar.

Bupati optimistis sektor pertanian di Kabupaten PPU akan semakin maju, jika ditangani secara profesional dengan sumber daya manusia yang memahami pertanian.

Untuk itu Yusran berharap, kepala daerah terpilih nantinya juga bisa memahami seluruh persoalan yang ada di Kabupaten PPU

"Kalau ditangani orang yang tidak memahami persoalan daerah, tentu sulit memajukan Kabupaten Penajam Paser Utara ini," tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian PPU Joko Dwi Fetrianto, mengatakan dengan penyerahan Alsintan bagi petani, target luas tanam padi tahun 2018 ditarget mampu mencapai 21.000 hektare.

Sedangkan untuk persediaan beras kebutuhan masyarakat tahun ini, juga mengalami surplus mencapai lebih kurang 50 persen.

"Jadi diharap dengan Alsintan, produksi padi di Kabupaten PPU bisa lebih berlimpah dengan kualitas yang lebih baik juga," ucap Joko Dwi Fetrianto.

Sementara bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) yang diserahkan terdiri dari 37 alat penanam padi (ricer planter) dan pompa air sebanyak 451 unit. (Humas)

Reporter : Humas Pemkab PPU    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0