15 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Agustus-September, Dinkes PPU Gelar Imunisasi Measless Rubella


Agustus-September, Dinkes PPU Gelar Imunisasi Measless Rubella
Rapat koordinasi (Rakor) lintas sektor dan program Dinkes PPU dalam rangka kampanye imunisasi Measless Rubella (MR) (Foto: Humas Setkab PPU)

KLIKPENAJAM.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Rapat koordinasi (Rakor) lintas sektor dan program dalam rangka kampanye imunisasi Measless Rubella (MR), berlangsung di ruang pertemuan kantor Dinkes PPU. Senin, 30 Juli 2018.

Kegiatan dibuka langsung Kepala Dinkes PPU Arnold Wayong, dihadiri Camat Penajam Pang Irawan, Kabag Kesra Herlambang, Perwakilan Dandim 09/13PPU dan Spesialis Anak RSUD PPU Dr. Miya Fatmawati serta Kepala UPT Puskesmas di tiap Kecamatan Kabupaten PPU.

Pada sambutannya, Arnold Wayong mengatakan imunisasi massal ini nantinya akan dilaksanakan mulai Agustus hingga September 2018.

"Tahun 2017 lalu kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk imunisasi dilakukan di seluruh pulau Jawa. Nah tahun ini (2018) akan dilakukan kembali di luar pulau Jawa, khusus kampanye imunisasi MR ini," ujarnya.

Arnold Wayong juga mengatakan penyakit campak maupun Rubella dapat dicegah melalui imunisasi, karena membahayakan jiwa bagi penderitanya.

Dijelaskannya, Campak adalah penyakit infeksi virus akut dan dapat menular yang ditandai dengan tiga stadium yakni stadium Inkubasi, Prodomal dan Erupsi.

"Yang paling bahaya dari campak ini adalah komplikasinya mulai dari Radang Paru, Radang Otak, Diare, Radang Telinga dan Dehidrasi, bahkan dapat menyebabkan kematian," jelasnya.

Sedangkan Rubella lanjut Arnold, penyakit infeksi virus akut dan dapat menular melalui saluran pernapasan pada saat batuk maupun bersin.

"Komplikasi beratnya, bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan yang dikenal sebagai Rubella Kongenital atau Congenital Rubella Syndrome (CMS)," tambahnya.

Maka dari itu Pemerintah Republik Indonesia berupaya melakukan imunisasi agar dapat mengurangi korban dari kedua penyakit tersebut.

"Pemerintah Republik Indonesia berketetapan untuk sedapat mungkin mengurangi dan mengeliminasi dua penyakit itu, melalui strategi salah satunya Imunisasi masal Measles Rubella. Diharapkan dengan adanya imunisasi masal seperti ini semoga korban dapat berkurang dan kalau bisa malah penyakit ini yang akan punah," pungkasnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0