15 Agustus 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian PPU Turunkan Tim Pantau Hewan Kurban


Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian PPU Turunkan Tim Pantau Hewan Kurban
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian PPU Arief Murdiyatno (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mulai persiapan menghadapi perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah. Salah satu upayanya, dengan membentuk tim pemantau hewan kurban.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian PPU Arief Murdiyatno, mengatakan tim pemantau nantinya akan langsung diterjunkan ke lapangan untuk melakukan pemantauan hewan kurban. Mulai dari kondisi hewan yang masih hidup, pedagang musiman, dan tempat penampungan hewan.

"Tugasnya mereka, memantau kondisi hewan yang masih hidup dari tingkat pedagang maupun tempat penampungan yang ada. Jadi, kami memiliki dua sumber yaitu dari pedagang dan petani,"ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa tim akan memantau petani yang melakukan program penggemukan, yang memang dilakukan secara sengaja dalam momen tertentu seperti hari Idul Fitri dan Idul Adha.

"Nantinya tim juga akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan hidup yang akan diperjualbelikan, hingga masuk ke hari H dan dua hari setelah pelaksanaan. Kita tetap melakukan pemantauan baik itu antemortem pada saat pemotongan maupun postmortem. Atau setelah daging itu siap dihidangkan oleh masyarakat, kita juga akan pastikan daging memenuhi kriteria aman, sehat dan halal," jelasnya.

Arief berharap produk yang akan dihasilkan pada saat pemotongan rutin dan pemotongan momen hari besar keagamaan untuk kualitas daging sapi agar tetap terjaga.

"Mulai dari pintu masuk dan di tingkat petani selama periodik, kita terus pantau kesehatannya. Baik secara fisik ataupun kemungkinan penyakit menular dan sebagainya. Sehingga kita harapkan produk yang dihasilkan untuk kualitasnya tetap terjaga," pungkasnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0