23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Ada Sisa Anggaran Pilkada, KPU PPU Segera Kembalikan ke Kas Negara


Ada Sisa Anggaran Pilkada, KPU PPU Segera Kembalikan ke Kas Negara
Sekretaris KPU PPU Salman (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akan mengembalikan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten PPU yang dialokasikan pada Pilkada PPU Rp 26 Miliar, dan telah digunakan sekira 21 Miliar.

Sekretaris KPU PPU Salman, mengatakan selama tahapan berlangsung KPU PPU hanya mengeluarkan dana sekira 21 Miliar. Dan sisa anggaran akan dikembalikan ke Pemkab PPU.

Dijelaskannya, pengembalian dana tersebut setelah seluruh tahapan Pilkada PPU dan seluruh laporan pertanggungjawaban selesai.

"Tiga bulan setelah proses tahapan Pilkada usai baru dapat dilakukan, sekitar bulan Oktober 2018 mendatang," ujarnya.

Dana hibah yang akan dikembalikan lanjut Salman berkisar Rp 4-5 Miliar. Sisa tersebut lantaran KPU melakukan sejumlah penghematan pada seluruh proses tahapan Pilkada.

"Selain kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan, ada juga beberapa penghematan yang kami lakukan. Seperti anggaran untuk distribusi logistik kita tidak menggunakan dana hibah, tetapi anggaran KPU Provinsi. Sebab bersamaan dengan distribusi logistik Gubernur dan Wakil Gubernur, dan juga penggunaan anggaran logistik tidak bisa tumpang tindih," jelasnya.

Sementara Kepala Badan Keuangan PPU Tur Wahyu Sutrisno, saat pertemuan di KPU memastikan ada pengembalian dana hibah, dan tinggal menunggu prosesi tahapan Pilkada PPU selesai.

Sedangkan untuk angka anggaran yang akan dikembalikan, ia mengaku tidak mengetahui pastinya. Namun yang jelas, pengembalian dana akan dilakukan sesuai peraturan yang ada.

“Untuk angka pastinya belum tahu, kan prosesnya belum selesai. Nantinya anggaran hibah itu akan di kembalikan ke Kas Negara kemudian dikembalikan ke Kas daerah," ujarnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0