23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Kemendagri Imbau Pemkab PPU Bantu Korban Gempa Lombok


Kemendagri Imbau Pemkab PPU Bantu Korban Gempa Lombok
Sekkab PPU Tohar (Foto: Fadli)

KLIKPENAJAM.COM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menerima surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terkait bantuan korban gempa Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar, mengatakan surat edaran tersebut tidak hanya bagi Kabupaten PPU, melainkan tersebar di seluruh Kabupaten/Kota serta Pemerintah Provinsi Kaltim

Tohar juga mengatakan surat tersebut mengimbau agar dapat membantu korban bencana Gempa di Lombok, dan bersifat tidak wajib.

"Terkait surat dari Kemendagri yang ditujukan kepada seluruh Gubernur, Walikota dan Bupati berkenaan dengan tindaklanjut penanganan bencana gempa di Lombok, intinya diimbau agar daerah bisa membantu persoalan kemanusiaan," ujarnya.

Kendati demikian, Pemkab PPU tidak dapat memastikan untuk memberikan bantuan kepada korban gempa, karena belum menganggarkan pada APBD 2018. Apalagi bantuan bencana bersifat Bantuan Keuangan.

"Bantuan itu bisa dianggarkan di APBD perubahan, jika tidak bisa juga, dianggarkan pada APBD 2019. Surat baru diterima dua hari lalu, kita belum sampai pada pembahasan menganggarkan di APBD. Bantuan keuangan bagi korban bencana juga harus di koordinasikan kepada pimpinan dan DPRD PPU," kata Tohar.

Disamping juga bantuan terhadap korban bencana merupakan hal wajar yang diberikan daerah. Ia juga mengatakan Pemkab PPU selama ini sering memberikan bantuan bagi daerah yang tertimpa musibah atau bencana.

"Surat edaran seperti ini bukan hal baru bagi kita, karena jauh sebelum itu kami pernah melakukan hal serupa. Ketika ada bencana di Bantul Yogyakarta, kita bantu satu unit sekolah dan sampai saat ini masih digunakan, dan masih ada lagi yang lainnya," pungkasnya.(*)

Reporter : Rahmad Fadli    Editor : Khalfani Aldebaran



Comments

comments


Komentar: 0